Pengenalan situasi
Seiring perkembangan zaman,
kepemimpinan telah ada semenjak nenek moyang kita, kerjasama dan saling
melindungi guna membuat kemajuan dalam suatu kelompok dan golongan. Berangkat
dari kebutuhan tersebut terjadi kerjasama antar manusia dan mulailah unsur –
unsur kepemimpinan, orang yang dipilih sebagai pemimpin adalah orang ang
dipilih berdasarkan atas keputusan bersama. Hingga saat ini seorang pemimpin
harus memiliki syarat – syarat dan kriteria yang tidak ringan, mengingat
pemimpin sebagai ujung tombak dari golongannya.
Demikian pula dengan kota
cirebon, salah satu kota yang terkenal dengan unsur kebudayaan dan religi yang
sangat kental yang mulai tergeserkan oleh unsur – unsur modernisasi dan
banyaknya masalah – masalah yang berkepanjangan yang tak kunjung selesai.
Cirebon
adalah suatu kota dengan keragaman sifat yang ada, sebagaimana halnya manusia
yang selalu ,mempunyai tujuan yang berbeda dan selalu tidak pernah puas akan keadaan
yang ada maka akan timbulah berbagai masalah, maka kami disini akan melakukan
beberapa program riset untuk mengetahui masalah – masalah yang ada di kota
Cirebon dan harapan – harapan masyarakat Cirebon itu sendiri.
Beberapa cara yang akan kami gunakan adalah
:
1.
Melakukan survey untuk mengetahui keluhan
masyarakat cirebon dan juga masukan dari masyarakat Cirebon
2.
Pemantauan media massa mengenai kota Cirebon
3.
Tinjauan perkembangan laporan tahunan kota
Cirebon
Dari analis yang telah digunakan agar kampanye ini berhasil,
kami juga telah melakukan SWOT analisis untuk calon walikota.
SWOT Analisis :
Strength :
1.
Kandidat berusia Muda
2.
Mempunyai pencitraan yang baik
Weakness :
1.
Calon seorang Wanita cenderung diremehkan
2.
Kota cirebon mayoritas islam yang berfikiran “
Pria lebih pantas menjadi pemimpin “
Opportunity :
1.
Mempunyai program kerja berbeda dengan kandidat
yang lain
2.
Membawa nuansa baru pada kota Cirebon
3.
Kandidat muda cenderung memiliki ide – ide yang
Fresh
Threat :
1.
Kandidat lain yang asli orang Cirebon
Penetapan tujuan
Dari
analisa yang kami simpulkan, kami membuat suatu Visi untuk membangun Cirebon ke
arah yang lebih baik, tertuang dalam Visi Misi kami Yaitu :
VISI :
TERWUJUDNYA MASYARAKAT CIREBON YANG MANDIRI DAN BERDAYA
SAING
MISI :
1.
Pembangunan insfrastruktur
2.
Pemerintahan yang bersih
3.
Peningkatkan nilai – nilai kebudayaan
Kampanye yang kami lakukan disini
memiliki tujuan utama yaitu “ MENANG “ , kampanye ini juga memiliki tujuan yang
harus dicapai agar tujuan utama yaitu “ MENANG “ dapat dicapai, berikut adalah
tujuan kampanye kami :
1. Untuk mengubah citra di masyarakat
bahwa wanita tidak pantas memimpin
2. Memperkenalkan calon walikota agar
seluruh masyarakat Cirebon mengetahuinya
3. Menjalin hubungan yang baik dengan
masyarakat Cirebon
4. Menyebarluaskan Visi Misi calon
walikota Cirebon
5. Memastikan masyarakat mengetahui Visi
Misi walikota Cirebon
Definisi khalayak
Target audience program kampanye ini
ditujukan untuk seluruh masyarakat kota Cirebon agar mengetahui Calon walikota
dan juga Visi Misi yang diusungnya, namun untuk membuat efektif, program
kampanye ini mempunyai target audience yang lebih diutamakan, Dengan jenis dan
jumlah khalayak yang lebih terbatas, program kampanye ini akan lebih efisien
dalam pelaksanaannya.
Target audience primer :
Ø
Pria dan Wanita
Ø
17 – 50 tahun
Ø
SES A,B,C
Ø
Tinggal di Sub urban dan Urban
Ø
Open minded,menginginkan perubahan
Target audience sekunder :
Ø
Pria dan wanita
Ø
12 – 80 tahun
Ø
SES A,B,C
Ø
Timghgal di Sub urban dan urban
Ø
Seluruh warga kota cirebon
Pemilihan media dan teknik2 humas
Dalam sebuah kampanye diperlukan strategi agar masyarakat
merasa yakin akan kami, yakin bahwa aspirasinya akan tercapai, yakin bahwa
kinerja calon walikota seperti yang diharapkan, dan akhirnya memilih kami.
Berikut ini adalah strategi kami untuk menyampaikan program
kampanye kami :
Baju yang digunakan :
Kemeja berwarna merah, karena mengingat calon walikota
adalah seorang wanita kita perlu menggunakan baju yang menggambarkan kekuatan
seorang wanita sehingga tidak dianggap remeh. Warna merah secara psikologi akan
memunculkan sikap berani, percaya diri, dan penuh gairah.
Dan apabila dipakai secara professional akan memiliki kesan
dinamis dan dramatis yang sangat kuat,
PROGRAM KAMPANYE
1.
Cirebon memiliki 40 kecamatan dimana kita akan
melakukan pemilu keliling
Per
kecamatan akan kita pilih 3 desa yang paling berpotensial dimana masing –
masing desa akan dilakukan kampanye selama sehari mengenai penjelasan Visi
Misi, acara amal dan panggung hiburan.
2.
Melakukan Musyawarah dengan Ormas-Ormas dan
mengadakan jajak pendapat untuk mendengarkan keluhan warga Cirebon.
3.
Akan melakukan kampanye di museum yang ada di
cirebon ( ex : Museum Kratin Cirebon )
karena kita ingin membangkitkan nilai – nilai kebudayaan yang sudah
mulai terlupakan. Museum ini saat ini kurang terurus oleh pemerintahan Cirebon
yang sekarang ( bahkan salah satu blog di luar negeri menyatakan museum ini
sebagai “ The Forgotten Museum “ ) sehingga diharapkan akan menarik simpati
rakyat.
4.
Branding Visi dan Misi pada angkutan umum
Sebagaimana kita tau, angkutan umum adalah
alat transportasi yang banyak digunakan dewasa ini dikeranakan murah dan mudah,
maka kita akan mlakukan branding pada angkutam umum dikarenakan sebagian besar
masyarakat akan mengetahui visi misi kita karena angkutan ini hampir beroperasi
ke seluruh penjuru kota Cirebon.
Angutan dalam kota akan diambil 20 angkutan
per trayek, berikut adalah trayek yang akan dipilih :
D1,D2,D3,D4,D5,D6,D7,D8,D9,D10
Dan untuk angkutan penghubung kota cirebon
dan kabupaten Cirebon akan diambil 30 angkutan pertrayek, berikut adalah trayek
yang akan dipilih :
GS,GM,GP,GC
Perkiraan biatya per angkutan, 100.000
untuk cetak sticker dan 400.000 untuk sewa space pada angkot selama sebulan,
branding ini akan dilakukan selama 3 bulan.
5.
Kampanye di jalan-jalan rusak
Untuk medukung program kerja kami yaitu
perbaikan insfrastruktur,sebagaimana kita tahu bahwa jalan adalah modal awal
untuk pembangunan ekonomi. Maka kami akan melakukan kampanye dengan meletakan
baliho di jalan – jalan yang rusak.
Perencanaan anggaran
LO MASUKIN ANGGARAN KESINI
Pengukuran hasil
70 persen..kasih kata2 mutiara dikit biar asik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar