Selasa, 11 Juni 2013

cirebon










Pengenalan situasi
               
                Seiring perkembangan zaman, kepemimpinan telah ada semenjak nenek moyang kita, kerjasama dan saling melindungi guna membuat kemajuan dalam suatu kelompok dan golongan. Berangkat dari kebutuhan tersebut terjadi kerjasama antar manusia dan mulailah unsur – unsur kepemimpinan, orang yang dipilih sebagai pemimpin adalah orang ang dipilih berdasarkan atas keputusan bersama. Hingga saat ini seorang pemimpin harus memiliki syarat – syarat dan kriteria yang tidak ringan, mengingat pemimpin sebagai ujung tombak dari golongannya.
                                Demikian pula dengan kota cirebon, salah satu kota yang terkenal dengan unsur kebudayaan dan religi yang sangat kental yang mulai tergeserkan oleh unsur – unsur modernisasi dan banyaknya masalah – masalah yang berkepanjangan yang tak kunjung selesai.
                                Cirebon adalah suatu kota dengan keragaman sifat yang ada, sebagaimana halnya manusia yang selalu ,mempunyai tujuan yang berbeda dan selalu tidak pernah puas akan keadaan yang ada maka akan timbulah berbagai masalah, maka kami disini akan melakukan beberapa program riset untuk mengetahui masalah – masalah yang ada di kota Cirebon dan harapan – harapan masyarakat Cirebon itu sendiri.
Beberapa cara yang akan kami gunakan adalah :
1.       Melakukan survey untuk mengetahui keluhan masyarakat cirebon dan juga masukan dari masyarakat Cirebon
2.       Pemantauan media massa mengenai kota Cirebon
3.       Tinjauan perkembangan laporan tahunan kota Cirebon
Dari analis yang telah digunakan agar kampanye ini berhasil, kami juga telah melakukan SWOT analisis untuk calon walikota.
SWOT Analisis :
Strength :
1.       Kandidat berusia Muda
2.       Mempunyai pencitraan yang baik
Weakness :
1.       Calon seorang Wanita cenderung diremehkan
2.       Kota cirebon mayoritas islam yang berfikiran “ Pria lebih pantas menjadi pemimpin “
Opportunity :
1.       Mempunyai program kerja berbeda dengan kandidat yang lain
2.       Membawa nuansa baru pada kota Cirebon
3.       Kandidat muda cenderung memiliki ide – ide yang Fresh
Threat :
1.       Kandidat lain yang asli orang Cirebon



Penetapan tujuan
           
            Dari analisa yang kami simpulkan, kami membuat suatu Visi untuk membangun Cirebon ke arah yang lebih baik, tertuang dalam Visi Misi kami Yaitu :
VISI :
TERWUJUDNYA MASYARAKAT CIREBON YANG MANDIRI DAN BERDAYA SAING
MISI :
1.       Pembangunan insfrastruktur
2.       Pemerintahan yang bersih
3.       Peningkatkan nilai – nilai kebudayaan


Kampanye yang kami lakukan disini memiliki tujuan utama yaitu “ MENANG “ , kampanye ini juga memiliki tujuan yang harus dicapai agar tujuan utama yaitu “ MENANG “ dapat dicapai, berikut adalah tujuan kampanye kami :
1.      Untuk mengubah citra di masyarakat bahwa wanita tidak pantas memimpin
2.      Memperkenalkan calon walikota agar seluruh masyarakat Cirebon mengetahuinya
3.      Menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat Cirebon
4.      Menyebarluaskan Visi Misi calon walikota Cirebon
5.      Memastikan masyarakat mengetahui Visi Misi walikota Cirebon

Definisi khalayak
        Target audience program kampanye ini ditujukan untuk seluruh masyarakat kota Cirebon agar mengetahui Calon walikota dan juga Visi Misi yang diusungnya, namun untuk membuat efektif, program kampanye ini mempunyai target audience yang lebih diutamakan, Dengan jenis dan jumlah khalayak yang lebih terbatas, program kampanye ini akan lebih efisien dalam pelaksanaannya.
Target audience primer :
Ø  Pria dan Wanita
Ø  17 – 50 tahun
Ø  SES A,B,C
Ø  Tinggal di Sub urban dan Urban
Ø  Open minded,menginginkan perubahan
Target audience sekunder :
Ø  Pria dan wanita
Ø  12 – 80 tahun
Ø  SES A,B,C
Ø  Timghgal di Sub urban dan urban
Ø  Seluruh warga kota cirebon


Pemilihan media dan teknik2 humas
Dalam sebuah kampanye diperlukan strategi agar masyarakat merasa yakin akan kami, yakin bahwa aspirasinya akan tercapai, yakin bahwa kinerja calon walikota seperti yang diharapkan, dan akhirnya memilih kami.
Berikut ini adalah strategi kami untuk menyampaikan program kampanye kami :

Baju yang digunakan :
Kemeja berwarna merah, karena mengingat calon walikota adalah seorang wanita kita perlu menggunakan baju yang menggambarkan kekuatan seorang wanita sehingga tidak dianggap remeh. Warna merah secara psikologi akan memunculkan sikap berani, percaya diri, dan penuh gairah.
Dan apabila dipakai secara professional akan memiliki kesan dinamis dan dramatis yang sangat kuat,

PROGRAM KAMPANYE
1.       Cirebon memiliki 40 kecamatan dimana kita akan melakukan pemilu keliling
 Per kecamatan akan kita pilih 3 desa yang paling berpotensial dimana masing – masing desa akan dilakukan kampanye selama sehari mengenai penjelasan Visi Misi, acara amal dan panggung hiburan.
2.       Melakukan Musyawarah dengan Ormas-Ormas dan mengadakan jajak pendapat untuk mendengarkan keluhan warga Cirebon.
3.       Akan melakukan kampanye di museum yang ada di cirebon ( ex : Museum Kratin Cirebon )  karena kita ingin membangkitkan nilai – nilai kebudayaan yang sudah mulai terlupakan. Museum ini saat ini kurang terurus oleh pemerintahan Cirebon yang sekarang ( bahkan salah satu blog di luar negeri menyatakan museum ini sebagai “ The Forgotten Museum “ ) sehingga diharapkan akan menarik simpati rakyat.
4.       Branding Visi dan Misi pada angkutan umum
Sebagaimana kita tau, angkutan umum adalah alat transportasi yang banyak digunakan dewasa ini dikeranakan murah dan mudah, maka kita akan mlakukan branding pada angkutam umum dikarenakan sebagian besar masyarakat akan mengetahui visi misi kita karena angkutan ini hampir beroperasi ke seluruh penjuru kota Cirebon.
Angutan dalam kota akan diambil 20 angkutan per trayek, berikut adalah trayek yang akan dipilih :

D1,D2,D3,D4,D5,D6,D7,D8,D9,D10

Dan untuk angkutan penghubung kota cirebon dan kabupaten Cirebon akan diambil 30 angkutan pertrayek, berikut adalah trayek yang akan dipilih :

GS,GM,GP,GC

Perkiraan biatya per angkutan, 100.000 untuk cetak sticker dan 400.000 untuk sewa space pada angkot selama sebulan, branding ini akan dilakukan selama 3 bulan.

5.       Kampanye di jalan-jalan rusak
Untuk medukung program kerja kami yaitu perbaikan insfrastruktur,sebagaimana kita tahu bahwa jalan adalah modal awal untuk pembangunan ekonomi. Maka kami akan melakukan kampanye dengan meletakan baliho di jalan – jalan yang rusak.



Perencanaan anggaran


LO MASUKIN ANGGARAN KESINI
Pengukuran hasil

70 persen..kasih kata2 mutiara dikit biar asik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar